UMKM merupakan salah satu penyumbang terbesar terhadap pendapatan negara, sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam mengelolanya. Banyak faktor penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola bisnis tersebut.
Nah, salah satu kunci sukses dalam mengelola bisnis adalah dengan menerapkan sistem akuntansi UMKM yang baik. “Apa itu akuntansi UMKM?” Sederhananya, akuntansi UMKM adalah cara kita mencatat, meringkas, dan menganalisis transaksi keuangan bisnis sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah. Dengan akuntansi, kita bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis kita secara real-time.
Lantas, kenapa sih pelaku usaha mikro harus tahu pentingnya akuntansi UMKM? simak ulasannya berikut ini.
Kenapa Akuntansi Penting untuk UMKM?
Terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan para pelaku UMKM, harus mengerti pencatatan keuangan versi mikro, misalnya:
- Memantau Kesehatan Keuangan: Sama seperti kita perlu cek kesehatan tubuh secara berkala, bisnis juga perlu dicek kesehatannya. Akuntansi akan menunjukkan apakah bisnis kita sehat atau sedang sakit.
- Membantu Pengambilan Keputusan: Dengan data keuangan yang akurat, kita bisa mengambil keputusan bisnis yang lebih baik, misalnya menentukan produk apa yang laris, atau berapa biaya produksi yang harus dikeluarkan.
- Memenuhi Persyaratan Hukum: Setiap bisnis wajib melaporkan keuangannya ke pemerintah. Dengan adanya Akuntansi akan membantu kita memenuhi kewajiban perpajakan, yaitu dengan menggunakan laoran keuangan yang menunjukan tingkat keuntungan bisnis, sehingga dapat menentukan tarif pajak yang sesuai.
Baca juga: Pentingnya Literasi Keuangan dan Investasi
Tips Akuntansi UMKM
Setelah mengetahui betapa pentingnya akuntansi UMKM untuk pelaku usaha mikro, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menata keuangan bisnis kecilmu:
1. Pilih Software Akuntansi yang Tepat:
Banyak software akuntansi yang bisa kamu gunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget bisnismu. Salah satu software yang mudah digunakan dan cukup familiar untuk akuntansi adalah Microsoft Excel, atau bisa juga menggunakan software seperti Zahir ataupun MYOB.
2. Tentukan Sistem Pembukuan
Menentukan sistem pembukuan merupakan langkah yang penting. Menurut standar yang berlaku, untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dapat menggunakan standar akuntansi untuk UMKM (SAK-EMKM) Kamu bisa menggunakan sistem pembukuan sederhana, seperti mencatat semua transaksi keluar masuknya aliran kas dalam buku kas atau menggunakan spreadsheet.
3. Catat Semua Transaksi
Catat semua transaksi secara teratur, baik itu pemasukan maupun pengeluaran. Semakin detail catatanmu, semakin akurat laporan keuanganmu dan semakin mudah untuk memantau keuntungan dan kerugian yang terjadi.
4. Memisahkan Keuangan Bisnis dan Keuangan Pribadi
Dengan melakukan pemisahan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis dapat mempermudah kamu untuk mengelola keuangan dan memantau aliran keluar masuknya kas. Tips ini juga dapat memudahkan untuk mengevaluasi kinerja keuangan bisnis.
5. Evaluasi Bisnis dan Target yang Harus Dicapai
Tips yang sering dilewatkan oleh pemilik UMKM adalah melakukan evaluasi bisnis dan menentukan target yang harus dicapai. Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah, bukannya mendapat untung sering kali justru omzet yang didapat tidak menutup biaya operasional yang ada. Oleh karena itu, menetapkan target omzet yang akan dicapai, serta mengevaluasi perbaikan dalam bisnis juga menjadi langkah yang sangat penting untuk dilakukan.
Manfaat Akuntansi yang Baik untuk UMKM
Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu coba, simak beberapa manfaat berikut ini:
- Arus Kas Bisnis Lebih Baik: Dengan mengetahui arus kas, kamu bisa mengatur keuangan bisnis dengan lebih baik, misalnya kapan harus membayar tagihan dan kapan bisa mengambil keuntungan.
- Meminimalkan Risiko Keuangan: Akuntansi bisa membantu mengidentifikasi potensi masalah keuangan sebelum menjadi lebih besar. selain itu, dengan dilakukannya sistem akuntansi yang tepat, kamu dapat mengidentifikasi stok persediaan yang masih tersedia.
- Mempermudah Akses ke Pinjaman: Jika kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank, laporan keuangan yang baik akan meningkatkan kepercayaan bank terhadap bisnismu. Perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang baik membuktikan bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya.
Kesalahan Umum dalam Akuntansi UMKM dan Cara Menghindarinya
Meskipun kamu sudah menerapkan tips dan langkah-langkah di atas kamu juga harus memperhatikan beberapa kesalahan umum berikut ini:
- Tidak Mencatat Semua Transaksi: Semua transaksi, sekecil apapun, harus dicatat baik dalam pembukuan sederhana maupun menggunakan spreadsheet
- Mengabaikan Rekonsiliasi Bank: Bandingkan saldo bank di buku kas dengan saldo bank di rekening secara berkala.
- Tidak Menggunakan Software Akuntansi: Software akuntansi bisa memudahkan pekerjaanmu dan mengurangi risiko kesalahan.
Kesimpulan
Akuntansi adalah alat yang sangat berguna bagi setiap pemilik UMKM. Dengan menerapkan sistem akuntansi yang baik, kamu bisa mengelola keuangan bisnismu dengan lebih efektif dan efisien. Jangan ragu untuk memulai dari sekarang!
Ada beberapa tips tambahan yang dapat dilakukan, yaitu konsultasikan dengan akuntan Jika kamu merasa kesulitan mengelola akuntansi sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan akuntan.
Akuntansi terus berkembang dengan adanya perkembangan teknologi dan regulasi dari pemerintah, oleh karena itu luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru tentang akuntansi.
Baca juga: Dampak Ilmu Akuntansi Terhadap Perilaku Konsumtif Gen Z
Referensi: