ChatGPT merupakan salah satu bukti teknologi dapat mengikuti perkembangan zaman serta kebutuhan semua individu yang serba cepat. Salah satu kebutuhan yang dilakukan setiap individu, ya, menulis—baik kirim pesan ke seseorang, atur jadwal di kalender, atau journaling.
Menulis adalah salah satu cara refleksi diri untuk meningkat self-improvement seseorang, bahkan menulis telah menjadi prospek kerja yang menjanjikan. Copywriter, content writer, SEO writer, SEO specialist, UI/UX writer, dan sebagainya. ChatGPT ada untuk membuat semua kebutuhan kamu diselesaikan lebih cepat.
Optimasi Konten Berdasarkan Kata Kunci dengan ChatGPT
ChatGPT sangat bermanfaat untuk orang-orang yang bekerja di industri kreatif atau agensi digital. Para karyawan yang berkutat dengan tenggat waktu mengumpulkan copy, tagline, slogan, proposal kerjasama antar perusahaan, laporan analisa bisnis, dan sebagainya.
Contohnya, kamu seorang copywriter yang harus menulis artikel berkaitan erat dengan jasa personal branding yang ditawarkan perusahaan tempatmu bekerja. ChatGPT bisa dapat mencari pilihan artikel lain yang dapat kamu mulai tulis.
Supaya semakin banyak traffic ke situs web artikel kamu ditulis, ChatGPT pun juga bisa membantu aspek Meta Description, seperti di bawah ini.
ChatGPT Bantu Menghindari Pembaca yang Cuma Numpang Lewat
Kali ini kami masih mencoba contoh jenis tulisan yang biasa dilakukan oleh seorang copywriter. Selain kreatif dan persuasif, copy yang disusun juga ringkas. ChatGPT tentunya mampu membantu dalam memilih kata atau frasa yang mungkin akan memberikan kesan lebih dalam di alam bawah sadar pembacanya. Cara ini juga bisa digunakan bagi para content writer yang konten informatifnya tetap disampaikan dalam paragraf yang ringkas dan sesuai dengan desain infografis dari tim desain grafis.
ChatGPT Bantu Tips Jitu Boost SEO Ranking
ChatGPT juga dapat membantu identifikasi kata dan frasa serupa untuk menghindari peyisipan kata kunci yang berlebihan. Pengulangan keyword itu bisa menurunkan SEO ranking—optimasi posisi situs web suatu perusahaan atau komunitas di kolom pencarian. Dengan menggunakan sinonim dan variasi kata kunci, sebuah konten dapat memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa tulisan kamu masih relevan dan bermanfaat untuk segera dibaca. Dengan memperoleh pemahaman komprehensif tentang branding dan berbagai aspeknya, menjadikan artikel yang kamu tulis sebagai sumber yang bantu meningkatkan awareness dan dampak merek orang-orang.
Parafrase dengan ChatGPT: Menyusun Ulang Informasi Terbaru dari Sumber
Strategi pemasaran SEO (SEO Marketing) memerlukan pembaruan konten secara berkala untuk menjaga peringkat tinggi di mesin pencari. ChatGPT dapat membantu dengan memparafrasekan konten yang ada, sehingga tetap relevan sambil mempertahankan kata kunci utama.
Contohnya, kamu mau memperbarui review tentang sebuah cabang kafe baru di Jakarta, ChatGPT dapat menambahkan detail baru. Selain itu, ChatGPT juga dapat membantu memperbaiki konten lama dengan menambahkan kata kunci baru atau informasi terkini, agar sesuai dengan praktik SEO terbaru.
Riset Kata Kunci di ChatGPT yang Berpotensi Menambahkan Traffic
Kehabisan ide karena ternyata semua jenis artikel referensi sudah kamu tulis? Berarti waktunya kamu mencari kata kunci dari topik serupa yang belum ditulis orang lain. Nggak harus menunggu kehabisan ide, sih, jika kamu memang ingin artikel yang dibuat tampak lebih inovatif coba tanyakan ke ChatGPT. Sesederhana kalimat perintah: “Kata kunci yang relevan tentang personal branding tahun 2024-2025.” Hasil yang muncul bisa jadi di luar ekspektasi kamu. Selain memberi ide baru, hal ini juga meperkaya keywords baru kamu.
ChatGPT juga Bisa Cari Strategi untuk Link Building
Walaupun banyak tersedia sarana daring untuk link-building, ChatGPT juga salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk identitas maupun promosi suatu produk fisik maupun jasa. Pastinya kamu bisa meminta ChatGPT tentang metode terbaik dalam link-building, mendapatkan informasi mengenai strategi untuk branding awareness yang sukses. Bahkan kelebihan lainnya, yakni meningkatkan analisis backlink sebuah artikel atau konten lain tertulis lain.
Inspirasi Tag dan Deskripsi Meta Sesuai Konten dari ChatGPT
Seperti yang sempat dibahas di sub judul sebelumnya, tag dan deskripsi meta adalah komponen krusial dari SEO on-page. Tag judul membantu menentukan peringkat, sedangkan deskripsi meta memberikan kesan pertama kepada pengunjung potensial situs web. Walaupun Google tidak menggunakan deskripsi meta untuk ranking, deskripsi yang ditulis dengan baik dapat meningkatkan rasio setiap halaman artikel yang dikunjungi. ChatGPT dapat membantu dalam membuat kedua elemen ini untuk suatu situs web.
ChatGPT Menyediakan Pilihan Call to Action (CTA) yang Lebih Bervariasi
CTA atau Call to Action sangat penting bagi industri periklanan, promosi, dan pemasaran. Selain sifat bahan branding awareness-nya yang persuasif, CTA juga digunakan sebagai push notification. Jika diaktifkan seorang pelanggan dari suatu produk, maka kurang lebih CTA tersebut akan menjadi reminder setiap seseorang menyalakan device. Berikut contoh-contoh instruksi yang bisa kamu coba di ChatGPT.
Baca juga: Tantangan Dunia Pendidikan dalam Lingkup ChatGPT
Eksplorasi Potensial FAQs di ChatGPT
Untuk seorang entrepreneurs yang sudah memiliki produk atau agensi bisnisnya sendiri dalam jangka waktu cukup lama, biasanya akan mulai mencakup target market lebih besar. Kemungkinan besar ada audiens maupun pelanggan baru yang datang dan menggunakan produknya. Namun, bagi pengunjung baru pasti mereka memiliki pertanyaan mendasar maupun krusial lainnya terhadap produk maupun layanan yang baru mereka akan gunakan. ChatGPT bisa kamu gunakan juga untuk mencari tahu potensi pertanyaan-pertanyaan krusial sebelum dengar langsung dari pelanggan.
Walaupun salah satu artikel, seperti Forbes, menyatakan ChatGPT tidak mematikan keunikan sebuah ide, terkadang masih saja ada seseorang yang terlalu bergantung pada segala aspek penyajian hasil secara instan, sehingga nggak produktif. Hal penting yang harus kita pahami, ChatGPT hanya membantu efektivitas proses menulis kita supaya tepat waktu dengan deadline dan mengurangi stres berkepanjangan. Jadi, gunakan teknologi sebaik-baiknya dan jangan sampai keaslian dan kreativitasmu pudar. Biar insight SEO Writing kamu bertambah, wajib banget, nih, terus update informasi penting SEO Content Writing 101 di Menulis.id! Pantengin terus, ya!
Referensi:
- 15 Ways to Use ChatGPT to Boost Your SEO Strategy by Geri Mileva, https://influencermarketinghub.com/seo-agency/chatgpt-seo/
- Generative AI, Like ChatGPT, Won’t Destroy Creativity – It’ll Save It by Forbes, https://www.forbes.com/sites/forrester/2023/01/19/