Pastinya kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata Marketing. Berasal dari kata bahasa Inggris Market yang berarti “pasar” dalam bahasa Indonesia, marketing adalah sebuah kegiatan utama dan penting sekali dalam berbisnis.
Marketing memiliki serangkaian kegiatan didalamnya yang merupakan bagian wajib dilakukan oleh pelaku bisnis jika ingin tujuan dari usahanya tercapai. Apa saja kegiatan itu? Nah, pada artikel ini kami akan membahas kegiatan apa saja yang ada di dalam Marketing.
Baca Juga: SEO atau SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?
Iklan
Iklan adalah sebuah kegiatan marketing yang bertujuan untuk memperkenalkan, menginformasikan dan menyampaikan pesan dari produk yang ditawarkan kepada masyarakat umum atau target pasar yang dituju secara khusus.
Promosi
Kegiatan marketing yang satu ini masih sering membuat orang keliru membedakannya dengan iklan. Promosi merupakan kegiatan yang berutujuan untuk memberikan nilai lebih pada produk yang kita tawarkan untuk diterima dan dirasakan masyarakat. Bentuk promosi pun bermacam-macam, bisa berupa Value produk, benefit tambahan, atau potongan harga produk jika masyarakat membelinya.
Ingat guys, promosi tidak harus ditawarkan melalui iklan, dan iklan juga tidak wajib promosi. Sedikit contoh perbedaan kalimat iklan dengan promosi:
Iklan: “Sekarang Susu Beruang ada variant rasa baru!”
Promosi: “Beli 2 Kaleng Susu Beruang Gratis 1 Untuk 10 pembeli pertama.”
Public Relation
Upaya untuk menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat yang menguntungkan itu disebut Public Relation. Kegiatan marketing ini juga bertujuan menjaga kepercayaan dan mendapatakan perhatian dari masyarakat. Ada beberapa bentuk Public Relation seperti, menyediakan layanan pengaduan, Media Statement, Edukasi Pelanggan, Menggunakan Public Figure dalam kegiatan iklan serta Promosi, dll.
Branding
Branding adalah kegiatan untuk menimbulkan kesan yang kita inginkan terhadap perusahaan. Menimbulkan kesan yang sangat melekat dapat membantu perusahaan untuk menjadi lebih dekat dengan target pasar yang diinginkan. Branding yang baik dapat membuat masyarakat jika butuh sesuatu maka yang terpikirkan pertama kali muncul di kepala adalah nama perusahaan atau merk dagang tertentu.
Semisal jika kita sebut “air mineral”, maka banyak dari kita yang terpikirkan adalah merk minuman “Aqua”. Kok bisa? Bukan hanya menjadi produsen pertama air mineral di Indonesia, Merk dagang Aqua sudah membangun branding mereka sejak pertama kali berdiri dan terus mereka rawat sampai sekarang. Branding bukan hanya sekedar identitas tapi juga kesan yang ditinggalkan dan diberikan.
Sales
Jualan. Yak, dari seluruh kegiatan marketing yang kita bahas di atas, sales atau jualan adalah muaranya. Sebagaimana baiknya kita melakukan iklan, promosi, PR yang baik, branding yang keren. Hasil akhirnya ditentukan oleh seberapa sales yang kita dapat. Jika kamu melakukan kegiatan sales secara langsung, tidak hanya butuh skill komunikasi yang baik, kamu juga perlu skill negosiasi, analisis kebutuhan dan masalah, serta skill untuk men-treatment orang yang baik.
Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebagai Sosmed Specialist